Ribuan Personil Gabungan Siap Amankan Penetapan Calon Gubernur

poldamalut.com – Polda Maluku Utara, Sebanyak 2.700 personil gabungan baik TNI maupun Polri di wilayah Maluku Utara (Malut) siap melakukan pengamanan penentapan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Malut pada 12 Februari 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan, Direktur Samapta Polda Maluku Utara Kombes Pol Iwan Imam yang juga Kepala Bagian Operasional Mantap Praja 2018, Selasa (16/1/2018).

Dir Samapta juga menambahkan, untuk informasi awal, penetapan calon Gubernur dan wakil Gubernur Malut yang akan bertarung di Pilgub Malut ini akan dilaksanakan di Kota Sofifi, maka itu untuk pengamanan juga akan dilakukan di Sofifi.

“Rencananya di Sofifi, apakah ada perubahan ataukah tidak nanti dilihat, tetapi yang jelas kita selalu siap untuk melakukan pengamanan.” ungkapnya.

Meskipun pengamanan itu dilakukan Polres setempat, namun pihaknya juga akan menerjunkan anggota kurang lebih 2 per 3 kekuatan personil satgas untuk membackup pengamanan Polres sekaligus penegakan hukum.

“Pastinya pengamanan akan dilakukan secara al out, jadi kalau misalkan itu sendiri digabung nanti personil dari TNI dan Pemirintah Daerah maka jumlahnya lebih dari 2.700.” akunya.

Untuk pola pengamanan sendiri lanjut Dir Sabhara, tentunya dapat dilihat apakah setiap tahapan itu dikatakan aman atau rawan tentunya pada posisi itu rawan, dan jika situasi itu bisa dikatakan rawan maka, pola yang dilakukan itu tentunya sesuai dengan tugas masing-masing.

“Misalkan dari fungsi Lalu lintas melakukan langka-langka pengamanan dan pengaturan Lalu lintas apakah itu penutupan arus dan sebagainya, kemudian sabhara tentunya mereka menjalankan tugas preemtif dan pereventif yakni sosialiasi dan patroli dialogis.” tegasnya.

Disentil terkait dengan pergeseran personil untuk pengamanan itu kata Dir Samapta, pergesekan personil akan dilakukan paling lambat H-3 atau H-2 sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

“Nanti kita geser personil itu tiga hari sebelum kegiatan itu berlangsung.” ucapnya.

Dirinya berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Malut agar tetap menjaga situasi sehingga Pilgub Malut ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita harap masyarakat untuk bisa berperan aktif membantu aparat keamanan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif hingga pada akhir nanti, karena siapapun yang nantinya terpilih, merupakan pemimpin untuk membawa Malut kedepan yang lebih baik.” harapnya.

Penulis             : Wanto Tftt

Publish             : Yudhy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *