Polsek Ternate Selatan Musnahkan 2.290 Botol Miras Berbagai Jenis

poldamalut.com – Polres Ternate, Ribuan minuman keras berjenis cap tikus dan bir yang dipasok dari Sulawesi Utara (Sulut) dan Kabupaten maupun Kota lainya di Maluku Utara (Malut), akhirnya dimusnahkan, Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Selatan, bertempat di lokasi pelabuhan perikanan Bastiong Ternate, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Senin (15/1/2018).

Pemusnahan ribuan kantong miras berbagai jenis itu, dimusnahkan langsung oleh Kapolsek Ternate Selatan, AKP Masyhur Ade dan disaksikan tokoh pemuda maupun tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Kapolsek Ternate Selatan, AKP Mashyur Ade usai pemusnahan mengatakan, ribuan miras yang dimusnahkan ini merupakan hasil razia dari pelaksanaan razia natal hingga pada razia tahun baru 2017 kemarin yang dilaksanakan pada beberapa titik baik di pelabuhan maupun lokasi yang diduga menjadi trankasi miras.

“Ini merupakan hasil razia yang digabungkan antara Polsek Ternate Selatan dengan Polsek Pelabuhan Bastiong KP3 dengan jumlan, Bir botol sebanyak 124 botol, Bir kaleng 223 kaleng dan cap tikus sebanyak 1.943 kantong dengan jumlah total sebanyak 2.290 kantong,” ungkapnya.

Kapolsek juga menambahkan, untuk ribuan miras yang disita ini khususnya yang dipasok dari Bitung, hampir rata-rata tidak ada pelaku alias tak bertuan, karena modus yang dipakai untuk memasok miras ini adalah sistim titip yang dipantau dari jarak jauh, sementara untuk miras yang dipasok dari Halmahera ke Ternate ada beberapa pelaku yang sempat diamankan dan pelaku tersebut langsung di buat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan lagi.

“Kalau yang dari Bitung itu mereka pantau anggota, kalau sampai miras itu disita maka mereka tidak akan mendekat lagi, makanya kita kewalahan yang disitu, sementara untuk beberapa yang dari Halmahera itu rata-rata baru pertama memasukan miras ke Ternate makanya mereka langsung kita buat pernyataan,” tegasnya.

Dirinya juga menegaskan, jika dalam operasi razia yang dilaksanakan dan ada anggota yang main-main dengan miras atau meloloskan tersangka dengan imig-ming uang maka dirinya tidak segan-segan untuk melakukan proses seusuai dengan hukum yang berlaku.

Masyhur menambahkan, pemusanahan miras yang dilaksanakan ini merupakan pemusanahan yang cukup besar, untuk itu kedepan, pihaknya akan lebih meningkatkan razia di masing-masing pelabuhan maupun tempat yang diduga atau dicurigai sebagai lokasi penjualan miras, karena setiap kasus-kasus yang terjadi di wilayah Kota Ternate ini permasalahan atau pemicunya karena mengkonsumsi miras.

“Makanya kami menghimbau kepada semua lapisan masyarakat terutama tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat serta pemerintah untuk bekerja sama dengan aparat keamanan untuk melakukan pemberantasan miras, karena miras ini yang menjadi korban adalah generasi muda kita,” pungkasnya.

Penulis : Adam

Publish : Yudhy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *