Polda Malut Bakal Verifikasi Media Tidak Bebadan Hukum

poldamalut.com – Polda Maluku Utara, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut), dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi media yang tidak berbadan hukum. Langkah Polda Malut ini menyusul adanya instruksi dari Dewan Pers sebagaimana dalam UU Pers Nomor 40 tahun 2019. Menjelaskan bahwa setiap media baik cetak, online maupun televisi harus terdaftar di Dewan Pers.

Ini disampaikan Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar, di sela-sela melakukan kunjungan kerja (kunker) di kantor SKH Posko Malut, Senin (5/1).

Dihadapan Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum serta Pejabat Utama Polda Malut, Kabid Humas Polda Malut menegaskan bahwa dalam waktu dekat Polda akan mengundang pimpinan media cetak maupun online untuk melakukan MoU terkait dengan setiap wartawan yang melakukan tugas peliputan di Polda Malut benar-benar media yang bersangkutan harus terdaftar secara legal di Dewan Pers.

“Iya ini instruksi dari pa Kapolda, dan akan kita tindaklanjuti, Insya Allah kita akan undang semua pimpinan media agar membicarakan hal tersebut.” ucap Kabid Humas Polda Malut.

Juru Bicara Kapolda Maluku Utara menjelaskan bahwa tujuan melakukan verifikasi media cetak maupun online yang berbadan hukum sekaligus sudah teregistrasi di Dewan Pers, ini untuk memudahkan kerja-kerja kehumasan, agar setiap wartawan yang bertugas di lingkup Polda Malut merupakan wartawan yang berkecimpun di perusahan media yang legal atau di akui oleh Dewan Pers.

“Selama ini kita belum ada data media mana yang sudah di akui oleh dewan pers. Jika ini dilakukan kedepan setiap penempatan wartawan di Polda Malut bisa terindetifikasi secara baik.” katanya.

Menanggapi hal itu, Wapemred SKH Posko Malut, sekaligus mantan Plt Ketua PWI Provinsi Malut, Faisal Magrib. Mengapresiasi langkah Polda.

Menurut Vava sapaan akrabnya, langkah Polda sangat tepat ini sebagaimana dituangkan dalam aturan Dewan Pers

“Posko Malut pada prinsipnya mendukung Mou yang dilakukan Polda, apalagi ini momentum politik maka seharusnya dipercepat.”tegas Vava

Penulis             : Hefrizon

Publish             : Yudhy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *