Memperingati Hari Nusantara 13 Desember 2017, Polres Tidore, Dinas Kelautan dan Perikanan Serta Tidore Diving Club Melaksanakan Transplantasi Terumbu Karang di Kawasan Pantai Tugulufa

Poldamalut.comPolres Tidore, Mungkin masih banyak masyarakat Maluku Utara dan khususnya masyarakat Tidore Kepulauan yang belum mengetahui bahwa tanggal 13 Desember merupakan Hari Nusantara. Tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara melalui Keputusan Presiden RI Nomor 126 Tahun 2001, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional.

Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djoeanda. Melalui deklarasi tersebut,  Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh dan berdaulat. Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan media pengingat bahwa Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia.

Generasi sekarang sudah sepatutnya bersyukur dan berterimakasih atas jasa Bapak Ir.  H. Djoeanda yang mencetuskan sebuah konsep Archipelagic State (Negara Kepulauan) dan dengan berani mengumumkan Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957 kepada dunia. Deklarasi tersebut menegaskan bahwa RI mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar pulau (Perairan Kepulauan).

“Kita jadikan momentum Hari Nusantara tahun 2017 sebagai sarana untuk melakukan intropeksi diri terhadap cara kita memandang laut kita, khusunya laut di Tidore Kepulauan.” ujar Kapolres.

Lanjutnya, Kapolres mengatakan bahwa kita perlu membangkitkan dan mengembangkan budaya bahari kepada anak-anak kita dan generasi muda. Kita dorong mereka untuk mencintai laut serta kita isi dengan program, kegiatan dan tindakan yang  nyata, tidak berhenti pada sekedar slogan semata.

Pada peringatan Hari Nusantara 13 Desember 2017, Polres Tidore, Dinas Perikanan Tikep, KBC dan Bapelitbang serta Dishub Tikep turut ambil bagian dalam rangka menyemarakkan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melakukan Transplantasi Terumbu Karang dikawasan Pantai Tugulufa. Aksi transplantasi karang di mulai pukul 09.00 sd 10.25 WIT dan diikuti oleh 7 orang diver dan di Pimpin langsung oleh Kabagops Polres Tidore Kepulauan AKP Agus Purwanta,SIK beserta Ipda Ofan Abdurachman KBO Satsabhara Polres Tidore, Bapak M. Tahsin Hajatuddin,S.Pi.M.Si (TDC), Bapak A. Khalish A. Samaun S.Kel,M.Si (Bappelitbang), Bapak Jainuddin Abbas (KBC), Bapak Iksan Dukomalamo,S.Kel, dan Bapak Anas Basinu (Dishub Tikep), dengan sekitar 200 bibit yang di pasang pada menara dalam laut di sekitar Monumen GMT Pantai Tugulufa.

Kapolres Tidore berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk bergerak melakukan tindakan-tindakan lainnya dalam rangka melindungi laut dan ekosistemnya.

Polres Tidore dan Komunitas Diving Tidore berpesan kepada masyarakat, mari kita jaga laut kita karena laut adalah masa depan kita. Oleh sebab itu, stop buang sampah di laut, stop merusak terumbu karang, stop merusak mangrove dan stop destructive fishing.

Penulis            : Ulfa

Publish            : Andri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *