Kapolda Maluku Utara Menyaksikan Secara Langsung Penandatanganan MoU Antara Pemerintah Halmahera Barat dan Polres Halmahera Barat

poldamalut.com – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Achmad Juri, M.Hum yang di dampingi Pejabat Utama Polda Malut yakni Karo Log Polda Malut   Kombes Pol Mohammad Iqram, SH, MH,  Dir Binmas Polda Malut Kombes Pol Mohamad Nasihin, SH, Dir Pam Obvit Polda Malut Kombes Pol Dulfi Muis, SH, S.Ik, MH, Dir Lantas Polda Malut Kombes Pol Muji Ediyanto, SH, S.Ik, Dir Pol Air Polda Malut Kombes Pol Arif Budi Winova, S.Ik, Wadir Krimsus Polda NMalut AKBP Dedy Kurnia, Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar, Mewakili Karo Ops Polda Malut AKBP Bardono, Koorspripim Kompol Arif Kurniatan, S.Ik, pagi tadi melaksankan kunjungan kerja Kab. Halmahera Barat dengan agenda mengikuti kegiatan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MOU) antara Polres Halbar Polda Malut dengan Pemerintah Kab. Halbar mengenai Pengawasan Dana Desa dan Pengukuhan Bhabinkamtibmas 1 Desa 1 Bhabinkamtibmas.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Achmad Juri, M.Hum bersama rombongan Pejabat Utama Polda Malut tiba di Pelabuhan Jailolo dan disambut oleh Unsur Forkopimda Kab. Halbar, Pejabat SKPD Pemda Halbar serta Perwira dan staf Polres Halbar selanjutnya dilakukan prosesi pengalungan bunga kepada Kapolda Malut.

Lanjut, Kapolda Malut beserta rombongan yang didampingi Forkopimda Kab. Halbar memasuki Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar dan melaksanakan tatap muka dengan Forkopimda, Toga, Todat, Toda dan Tomas dalam rangka Cipta Kondisi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Malut tahun 2018 yang aman, tertib, damai, rukun dan harmonis. Serta prosesi penandatanganan MOU dan Pengukuhan Bhabinkamtibmas 1 Desa 1 Bhabinkamtibmas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Halbar Danny Missy, SE, MM, Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, S.Sos, Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan, S.Ik, MH, Kejari Jailolo A.A. DG Satya Makandeya, SH, Wakil Ketua II DPRD Halbar Nicodemus H. David Ratulangi, Kombes Pol Mohamad Nasihin, SH, Dir Pam Obvit Polda Malut Kombes Pol Dulfi Muis, SH, S.Ik, MH, Dir Lantas Polda Malut Kombes Pol Muji Ediyanto, SH, S.Ik, Dir Pol Air Polda Malut Kombes Pol Arif Budi Winova, S.Ik, Wadir Krimsus Polda Malut AKBP Dedy Kurnia, Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar, Asisten I dan II, Para Staf Ahli, Unsur pimpinan SKPD Pemda Halbar, Para Bhabinkamtibmas Polres Halbar dan Bhabinsa Kodim 1501 Ternate – Jailolo, Para Kades se-Kab. Halbar serta  Toga, Todat, Toda dan Tomas serta undangan yang hadir kl 350 orang. Rangkaian kegiatan sebagai berikut :

Laporan Kepala DPMPD Halbar, Asnat Sowo, S.Sos. Pada intinya menyampaikan bahwa Realisasi anggaran Dana Desa Kab. Halbar di 170 Desa sudah disalurkan ke rekening Dana Desa pada masing-masing Desa sehingga itu sesuai amanat undang-undang diharapkan kepada para Kepala Desa di 170 Desa Kab. Halbar dapat mengelola Dana Desa dengan sebaik-baiknya yang mana dalam mengelola anggaran tersebut telah dilakukan juga pengawasan dari Kepolisian dalam hal ini Polres Halbar sehingga pelaksanaannya nanti benar-benar transparan dan mempunyai bukti fisik pembangunan di dalam Desa. Anggaran Dana Desa Kab. Halbar pertahun yang sudah terealisasi 100% ke masing-masing Desa yaitu Tahun 2015 sebesar Rp. 45.329.566.000, Tahun 2016 sebesar 101.717.600.000, Tahun 2017 sebesar 129.912.794.00 dan Tahun 2018 sebesar 116.643.807.000,-

Sambutan Bupati Halbar Danny Missy, SE, MM. Yang intinya menyampaikan bahwa Sesuai UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, telah menempatkan Desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan sebagai tindak lanjut dari UU tersebut, Pemda Halbar sejak tahun 2015 hingga saat ini telah menyalurkan Dana Desa yang bersumber dari APBN untuk digunakan Desa dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan membiayai pertumbuhan prasarana dasar Desa. Dalam mewujudkan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa diperlukan pengaturan tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas dengan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan Desa serta pola pendampingan yang optimal oleh para pendamping profesional maupun pemerintah daerah.

Untuk mendorong efektifitas dan efisiensi pengelolaan Dana Desa, Pemerintah terus melakukan upaya melalui pelaksanaan MOU dengan berbagai pihak dalam rangka melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa. Pengawasan Dana Desa diawali dari pengawasan pra penyaluran dana tersebut, meliputi pengawasan terhadap kesiapan perangkat Desa dan regulasi dalam menerima Dana Desa, pengawasan terhadap kesesuaian penghitungan Dana Desa, pengawasan terhadap kesesuaian proses penyusunan perencanaan Desa. Proses pengawasan Dana Desa dilakukan oleh Aparat Pengawas Internal (APIP) melalui penyusunan program kerja pemeriksaan, pengumpulan dan pengujian bukti, menyusun laporan hasil pemeriksaan dan melakukan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan.

Bupati Halmahera Barat selesai memberikan sambutan dilanjutkan dengan Penandatangan MOU antara Pemda Kab. Halbar dan Polres Halbar serta MOU antara Pemda Kab. Halbar dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Ternate dan Koordinator Pendamping Wilayah (KPW) Maluku Utara serta dilakukan foto bersama.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Achmad Juri, M.Hum. memberikan sambutan yang intinya bahwa,  Ada progres yang sangat berarti disini selama kurang 7 bulan disini Kapolda melihat ada banyak perubahan di Maluku utara, kemarin pak Kapolri sekitar 2 minggu yang lalu beliau sangat berbahagia ketika berkunjung di Maluku utara itu karna Maluku utara ini menjadi wilayah teraman di Indonesia, adanya hal itu artinya kita mempunyai sebuah modal yang menjadi masalah utama adalah aman tetapi tidak ada keindahan hanyalah aman.

Berkat kerja keras kita bersama – sama yang turut mencegah situasi ini menjadikan Malut ini sebagai daerah yang sangat aman, dalam pertumbuhan ekonomi kita di Maluku utara saat ini ekonomi kita berada diatas pertumbuhan ekonomi Nasional dengan angka pertumbuhan yaitu berada di angka 7,6 % kita berada diatas angka nasional yaitu 7,2 % artinya kita berada di nomor 1 di Indonesia ini merupakan prestasi juga artinya ekonomi masyarakat akan terangkat karna tadi pada saat dalam perjalanan menuju kantor Bupati saya melihat tidak ada pengemis disini dari penelitian kita BPS Provinsi Maluku utara adalah provinsi terbahagia nomor 1 di Indonesia ini adalah modal dasar bagi kita di tahun 2018 yang patut kita syukuri.

Sekali lagi Kapolda ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati atas Sambutannya. Terkait dengan penandatanganan MOU  Kapolda bermohon supaya kita jangan risih karna ini memang sudah tuntutan dari atasnya dengan adanya hal ini mengantarkan kita untuk lebih dekat dengan semua kepala desa yang ada di Halbar, sebagai penyelenggara negara ini dalam tujuan dibentuknya negara ini yaitu untuk melindungi segenap bangsa tanah air dan negara dan bagaimana kita bersama – sama mencerdasakan kehidupan bangsa, bagaimana memajukan kesejahteraan umum, ini harus saya sampaikan sebagai penyelenggara negara dalam peningkatan kesejahteraan inilah yang akan perlu kita buru dan kita kejar pada periode ini saya berharap kita tidak berpikir pada lain – lain.

Pada kesempatan ini  juga Jenderal Bintang satu di Mapolda Maluku Utara menyampaikan kepada para Bhabinkamtibmas agar tidak boleh menjadi rival untuk menakut-nakuti, jadi pengawasan itu adalah pendampingan kalau ada apa – apa agar jangan langsung bertindak karna disana ada mekanisme yang telah diatur saya berharap kepada para bhabinkamtibmas agar dapat mendampingi dan menjadi konsultan bagi para kepala Desa dalam mengawasi dana Desa dan saya tekankan apabila ada Bhabinkamtibmas yang main – main maka resikonya adalah 2 kali lipat bagi yang main – main dengan dana Desa.

Untuk mensejaterahkan dana Desa kepala Desa adalah delegasi bagi Presiden, tujuannya yaitu meyakinkan dan desa itu dipakai dengan benar sesuai dengan peruntukannya, jadi pengawasan adalah bagaimana membuat keyakinan bahwa meyankinkan dana yang diawasi berjalan sesuai dengan peruntukannya. Pengawasan yang sekarang berbeda dengan pengawasan di jaman dulu, para Bhabinkamtibmas sudah dibekali dengan buku – buku pedoman terkait dengan pengawasan Dana Desa tujuaannya bagaimana berkomunikasi dengan Desa, saya berdoa semoga kedepannya Desa menjadi lebih kuat dan aman kalau Desa aman maka Kecamatan juga aman dan kalau Kecamatan dengan Desanya aman maka Kabupaten pun juga pasti akan aman olehnya itu pada kesempatan ini saya juga akan mengukuhkan para Bhabin satu Desa satu Bhabinkamtibmas, kita berharap setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun kedepan ini sudah kelihatan semoga di Halmahera barat ini bisa lebih baik dari itu dan semoga bisa sesuai dengan harapan presiden.

Pengukuhan Bhabinkamtibmas dan selaku perwakilan Brigpol Agustinus Batlajery (Bhabinkamtibmas Desa Porniti) dan Brigpol Hendra Samsuddin (Bhabinkamtibmas Desa Payo) oleh Kapolda Malut Brigjen Pol Achmad Juri, M.Hum.

Dalam rangka Pilkada dan Pilpres Kapolda Maluku Utara bermohon dan menghimbau kepada kita semua mari kita bersama – sama menjaga Maluku Utara yang kita cintai ini khusunya di Halmahera barat ini agar tetap menjadi kondusif aman dan damai, sekarang kondisi ekonomi kita sedang naik jangan dibuat menjadi turun olehnya itu Kapolda juga berharap kepada kita semua agar masing – masing kita tingkatkan kualitas diri kita, Kapolda menitipkan kepada pak Bupati dan seluruh forkompimda para tokoh agama, tokoh pemuda,  tokoh adat dari kesultanan Jailolo dan seluruh tokoh masyarakat yang hadir disini agar mari kita bersama – sama tebarkan Pilkada Gubernur ini dengan proses yang ramah dan damai, Kapolda sangat berharap dan berdoa semoga dalam proses Pilkada ini berjalan dengan Suka Ria, Ramah dan Damai.

Penulis             : Wanto Tftt

Publish             : Yudhy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *