Kabag Ops Membuka Pembekalan Bhabinkamtibmas Fungsi Teknis Kepolisian

Poldamalut.com- Polres Tidore,  Sat Binmas Polres Tidore Kepulauan. Pagi tadi melaksanakan Pembekalan Bhabinkamtibmas Bidang Fungsi Teknis Kepolisian yang dilaksanakan di aula Polres Tidore, kegiatan  dibuka Oleh Kabag Ops Polres Tidore Kepulauan AKP Agus Purwanta S.IK.

Setelah di laksanakan Pembukaan Pembekalan oleh Kabag Ops Polres Tidore Kepulauan AKP Agus Purwanta S.IK kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Pembekalan kepada para Bhabinkamtibmas.

Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Tidore Ipda Supriyadi S.AP membagikan format pelaporan dan buku saku Bhabinkamtibmas, serta memberikan Penjelasan tentang pengisian format – format laporan sehubung dengan tugas Bhabinkamtibmas.

Ipda Supriyadi juga membahas tentang buku saku dan pedoman pengawasan serta pengelolaan dana Desa.

Pembekalan oleh Kasat Intel Polres Tidore Kepulauan AKP Husni Hasan tentang tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas pada  Pasal 26 dan 27  Perkap No 3 tahun 2015. Melalui pembinaan Masyarakat, deteksi dini, dan mediasi serta negosiasi agar terciptanya situasi yang kondusif di Desa Binaan.

Dalam pelaksanaan tupoksi tersebut agar para Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sebagai berikut: Kunjungan dari rumah ke rumah di Wilayah Binaan, Melakukan atau membantu untuk memecahkan masalah, Melakukan pengaturan dan pengamanan giat masyarakat, Memberi  informasi tentang terjadinya tindak Pidana, Memberi  perlindungan orang yang tersesat, korban kejahatan dan pelanggaran, Ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit, Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan kamtibmas di Desa Binaan.

Adapun tugas Fungsi Bhabinkamtibmas agar selalu melaksanakan kunjungan / sambang, membimbing dan penyuluhan di bidang hukum, memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, melaksanakan konsultasi, mediasi, dan negosiasi, dan tentang Program Kapolri.

Program Prioritas Kapolri ( Promoter ), MOU antara Kapolri, Kemdagri, dan kemendes PDTT tentang Nota Kesepahaman (MOU) terkait pencegahan, pengawasan dan penangganan permasalahan Dana Desa, tanggal 20 Oktober 2017.

Kasat Sabhara Iptu Ridwan Usman SH. Juga memberikan Pembekalan yang initinya, agar Bhabinkamtibmas senangtiasa untuk mencegah terjadinya ancaman, bahaya yang merugikan masyarakat dalam upaya mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Pembekalan yang di sampaikan Oleh Kasat Lantas Iptu Abdul Hafid antara lain tentang, Etika / sopan santun dalam berlalu lintas. Tata cara berlalu lintas, Kewajiban pengemudi saat berkendara,   Tata cara dan persyaratan pembuatan SIM, Pertolongan dan perawatan korban Laka dan ketentuan pidana.

Pembekalan yang disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Tidore Kepulauan Akp Naim Ishak SH.MH memberikan pembekalan terkait dengan Prioritas Penggunaan Dana Desa. Dana Desa di gunakan dengan Prioritas.

Dana Desa harus di publikasikan kepada masyarakat di ruang publik (papan informasi), Prinsip pelaksanaan kegiatan pembangunan Desa di laksanakan dengan cara Swakelola. Aturan Swakelola. Memaksimalkan Pengunaan Material, di laksanakan dengan Gotong Royong.

Teknis Swakelola Pofersi kerawanan terjadinya pelanggaran hukum dalam pengelolahan dan pengunaan Dana Desa.

Penulis             : Jufri Tftt

Publish            : Andri FTN

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *