Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolda Maluku Utara Sidak ke Pasar Cek Harga Pangan

poldamalut.com – Polda Maluku Utara, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum turun langsung mengecek harga kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru. Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga. (12/12/2017)

Sidak dilakukan Kapolda di Pasar Higienis Gamalama Ternate. Kapolda yang didampingi Pejabat Utama Polda Maluku Utara mendatangi satu persatu kios pangan dari mulai kios beras, daging ayam, daging sapi, telur dan sayuran.

“Dari hasil pemantauan untuk harga masih terbilang normal. Cuma memang ada salah satu komponen yaitu telur yang mengalami kenaikan.” kata Kapolda.
Harga telur mengalami kenaikan dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Harga cabai untuk jenis Tanjung naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Sementara untuk daging sapi, harga saat ini terbilang normal di kisaran Rp 130 ribu per kilogram.

Menurut Kapolda, kenaikan harga tersebut masih terbilang normal karena faktor dari produsen.

“Kalau yang naik karena faktor alam atau dari sananya itu mekanisme pasar saja.” Ungkap Kapolda Malut

Kapolda menyatakan polisi turun tangan untuk mengantisipasi harga kebutuhan pokok tersebut. Pasalnya hal itu akan berpengaruh pada keresahan dan ketidakstabilan kamtibmas di tengah-tengah masyarakat.

“Polisi juga turut mengawasi adanya ‘permainan’ harga di pasar. Namun sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya indikasi tersebut.” Tutur Kapolda

“Kalau ada lonjakan harga yang signifikan tim satgas pangan akan melakukan penyelidikan. Kalau ada alat bukti, kita lakukan penyidikan dan akan dilakukan penegakan hukum” Tegas Kapolda Malut.

Penulis             : Wanto Tftt

Publish            :  yudhy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *