Bareskrim Polri Supervisi Beberapa Kasus Menonjol di Malut

Poldamalut.com – Polda Maluku Utara, Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) dipimpin Kombes Pol Suyatmo beserta dua anggota pengawas penyidik, Rabu (6/12/2017) bertandang ke Markas Kepolisian Daerah Maluku Utara. Kehadiran tiga pengawas penyidik dari Bareskrim Polri ke Polda Malut tersebut, untuk melakukan supervisi beberapa kasus menonjol yang ditangani Polda maupun Polres.

Inspektur Pengawasan Daerah Polda Maluku Utara, Kombes Pol Sam Yulianus Kawengian SH mengatakan, Bareskrim Polri melakukan suprevisi terhadap sejumlah kasus yang ditangani pihak Polda Malut yang sampai saat ini belum dituntaskan.

Sejumlah kasus tersebut salah satu diantaranya adalah perkara tindak pidana korupsi pembebasan lahan Bandara Bobong Kabupaten Taliabu. yang melibatkan mantan Bupati Kepsul Ahmad Hidayat Mus (AHM).

“Jadi mereka datang untuk mengecek, salah satunya kasus AHM. Kemudian masalah Kesultanan Ternate, terus masalah hak waris di Halut dan juga di halbar,” ungkap Irwasda.

Selain mengawasi penanganan kasus, Bareskrim juga memberikan petunjuk-petunjuk tekhnis kasus-kasus yang di suprevisi sebab kasus itu merupakan kasus menonjol yang memang ada laporan dari masyarakat.

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Malut, Kombes Pol. Masrur SH, Sik saat dikonfirmasi usai supervisi mengatakan, kasus AHM itu, sesuai dari hasil supervisi yang dilakukan itu, sudah dinyatakan selesai dari Wasidik Bareskrim dan resmi diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Karena KPK mempunyai kewenangan dalam UU No 30 itu, jadi dengan dilaksanakan asistensi ini maka besok kita akan jadwalkan untuk penyerahan berkas perkaranya dari Polda ke KPK sekaligus dengan laporan kemajuannya,” Ungkap Dir Krimsus.

Penulis             : Mandala

Publish            : Andri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *